Blt Cair Rp4,2 Juta Tanpa Bsu Daftar Segera! Penerima BLT tetap lanjut! - Mastertahu.com -->

Blt Cair Rp4,2 Juta Tanpa Bsu Daftar Segera! Penerima BLT tetap lanjut!

BLT pkh prakerja sembako


Program Kartu Prakerja 2023 tahap I dibuka pada triwulan I-2023. Penerima bantuan seperti subsidi upah, BPUM hingga PKH pun bisa ikut mendaftar menjadi peserta Kartu Prakerja.

Adapun skema normal diatur dalam Perpres Nomor 113 tahun 2022 dan pelaksanaannya oleh Permenko Ekonomi Nomoer 17 tahun 2022. Total anggaran di tahap awal ini adalah sebesar Rp2,67 triliun.

Terkait dengan Kartu Prakerja di Tahun 2022, Airlangga mencatat bahwa peserta ada sebanyak 4.984.790 penerima dengan total anggaran Rp18 triliun. Realisasinya pun mencapai Rp17,84 triliun atau 99,12% serapan anggarannya.

Pemerintah memastikan sejumlah program bantuan sosial (bansos) program perlindungan sosial, akan tetap dilanjutkan pada tahun 2023. Bahkan anggaran senilai Rp479,1 triliun sudah disiapkan untuk program ini. Dana tersebut akan digunakan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan, guna memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Anggaran perlindungan sosial dialokasikan melalui Kementerian dan Lembaga (K/L) maupun non K/L untuk menyalurkan bansos pada tahun 2023.

Regulasi terbaru BLT Dana Desa 2023 ini wajib disimak. Ada cara daftar dan proses pencairan yang bisa dicek.

Cara daftar dan proses pencairan ini tak sama dengan periode sebelumnya. Silakan pantau regulasi terbaru BLT Dana Desa 2023.

Regulasi terbaru BLT Dana Desa 2023 maksudnya baik. Tujuannya mulia. Cara daftar dan proses pencairan pun di set untuk melindungi warga yang betul-betul membutuhkan.

Untuk diketahui, pemerintah segera mencairkan BLT Dana Desa 2023.

Besar bantuannya sama. Ada kucuran bantuan Rp 900 ribu dari pemerintah.

Bansos dan BLT yang Cair di 2023

1. Kartu Prakerja

Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja di 2023 dengan meningkatkan anggaran sebesar Rp5 triliun. Besaran bantuan akan naik menjadi Rp4,2 juta per orang.

Rinciannya antara lain berupa, bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Dialokasikan melalui Kementerian Sosial, PKH tahun depan akan menargetkan 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Sasaran penerima PKH, yaitu ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, lanjut usia, dan penyandang disabilitas berat.

Besaran PKH yang cair mulai dari Rp225 ribu hingga Rp750 ribu per 3 bulan. Berarti per tahun Rp900 ribu sampai dengan Rp3 juta.

2. Kartu Sembako

Bansos Kartu Sembako atau dulunya disebut Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bakal kembali cair di 2023 bagi 18,8 juta KPM. Besaran yang diterima Rp200 ribu per KPM per bulan.

Aturan terbaru ini mengatur detail soal sasaran bantuan. Dan pemerintah hanya akan fokus ke masyarakat yang masuk kategori miskin ekstrem.

BLT Dana Desa 2023 ini akan diberikan setiap bulannya sebesar Rp 300 ribu selama tiga bulan.

Ada garis api yang dibuat. Semua diatur clear. Aturannya jelas. Tak ada lagi grey area. Seluruh perangkat desa wajib patuh.

Penyaluran bantuan harus tepat sasaran. Bidikannya tak boleh melenceng dari target. Perangkat desa harus aktif. Harus bergerak cepat dalam mendata.

Ada survei langsung ke rumah penerima BLT Dana Desa 2023. Ada penilaian yang dilakukan.

Ada acuan jelas. Indikatornya juga bisa diukur.

Data para warga desa yang sudah mendaftar akan diputuskan melalui form Musyawarah Desa khusus.


Ada proses validasi. Ada juga proses menyelaraskan data. Bila semua sudah dilalui, proses penetapan data penerima BLT Dana Desa 2023 baru bisa dilakukan.


Hasil dari dokumen calon penerima bantuan akan ditulis dalam berita acara. Dan berita acaranya ditandatangani Kepala Desa dan Perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).


Data kemudian akan diserahkan kepada Bupati atau Wali Kota untuk mendapatkan pengesahan. Pengesahan data calon penerima bisa didelegasikan kepada Camat.

Setelah mendapatkan surat pemberitahuan pengesahan dokumen penerima, Kepala Desa akan menyampaikan surat pemberitahuan kepada calon penerima bantuan sosial.

Penetapan aturan pencarian ini juga berlaku untuk calon penerima bantuan yang memiliki anggota rumah tangga tunggal, lansia ataupun difabel, phk.

Demikian, informasi seputar BLT pemerintah.

Follow with email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Blt Cair Rp4,2 Juta Tanpa Bsu Daftar Segera! Penerima BLT tetap lanjut!"

Post a Comment