Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Duo Honda Lawas Siap Tantang Ninja 250R Dan Cbr 250

Moch Fiqi Wahyu ingin membuat sensasi, tidak tanggung-tanggung sensasinya ingin menantang Kawasaki Ninja 250R di jalur 201 meter. 


Supaya punya sensai makanya Fiqi sapaan akrabnya memodifikasi Honda Legenda 2002 dan Honda Astrea 800 1987 yang di upgrade jadi 200 cc.


Ubahan langsung di fokuskan pada bagian mesin, tengok saja mulai dari mesin set (mesin tengah, silinder head dan blok) comot milik Honda Kirana, Suzuki FU dan Honda CBR 150R dipasang untuk mengejar kapasitas mesin bengkak.


Pemasangannya jelas membutuhkan ubahan di beberapa sector, seperti ubahan dudukan rangka ke mesin sampai ubahan baut silinder blok dari mesin tengah.


"Hanya untuk setting saja di gelaran SDC dengan Ninja 250R, saya ingin tahu time dan kemampuan mesin. Tapi untuk balap resmi nanti nya. "


Resiko memasang part lain kepada motor Honda harus bisa merubah crankcase supaya bisa terpasang sempurna di rangka, makanya keduanya jelas butuh penyesuaian yang tidak mudah juga.


Untuk Honda Legenda harus merubah baut cylinder blok milik FU tuh, tapi beda dengan mesin CBR 150R yang dipaksa terpasang dengan posisi tidur.


“Merombak crank case mesin tengah, otomatis posisi cyilinder blok dan head tidak berdiri jadinya tidur seperti mesin Legenda. Dan itu harus benar-benar teliti dan presisi karena memindah lubang kruk as ke cylinder blok,” terang Roby lagi.


Bodi


Proses pergantian ke model lawas dianggap terlalu mudah bagi Roby, terlebih basis motor sudah Honda yang notabene rangkanya hampir mirip dengan tipe lama.


Contoh paling mudah pergantian spatbor belakang yang tinggal copot dan sambung dengan spatbor C70 dan didempul.


“Untuk bagian lain seperti setang harus beli komplit, pergantiannya juga tidak terlalu susah kok karena hampir sama dengan C70. Paling tidak merubah komstir,” bilang Fiqi.


Fiqi pribadi memang sengaja fokus pada bagian mesin, mimpinya ingin ikut balap drag bike dengan menggunakan motor C70 untuk melawan Kawasaki Ninja tuh.


Maklum, mesin sudah di bore up menjadi sekitar 200 cc pada Roby yang memang jago kilik di kalangan komunitas CB.


Pergantian cylinder head dan blok CBR150 dan Satria FU belum dirasa maksimal, makanya pergantian part macam piston, naik stroke, porting serta karburator besar diaplikasinya untuk memuaskan hasrat Fiqi.


“Stroke kan 58 mm, kruk as,  Kemudian piston pasang punya CBR150 oversize 200. Total, kapasitas mesinnya menjadi 200 cc,” terangnya.


Uniknya lagi, untuk motor dengan basis Honda Legenda yang menggunakan cylinder blok dan head milik Satria FU sudah dilengkapi dengan 5 transimist uh.


“Dapat di pasar loak, masih belum tahu juga itu punya motor apa. Tapi yang jelas sudah bisa diaplikasi tuh dengan 5 transimis manual,” tambah Roby lagi.


Ubah mesin biar ngacir


Kaki-kaki

Di bagian kaki-kaki Fiqi paling enggan meniru kebanyakan pengguna C70 yang mengaplikasi ban kecil, justru Fiqi paling doyan melihat profil ban besar seperti ban yang digunakan road race.


Makanya kedua motornya langsung diaplikasi ban berlabel FDR berukuran 90/80-17 keduanya.


“Untuk swing arm menggunakan produk variasi, tapi sengaja mencari yang kuat supaya bisa menahan mesin 200 cc,” ungkap Fiqi.


Data modifikasi Legenda

Pelek : TDR, 185 dan 215-17 Vnd

Ban  : FDR, 90/80x17

Swing arm : Variasi

Knalpot : Kawahara

Karburator : Sunword 30 mm

CDI : BRT

 

Data modifikasi Astrea 800

Pelek : TDR, 185 dan 215-17 Vnd

Ban  : FDR, 90/80x17

Swing arm : Variasi

Knalpot : Hand made

CDI : BRT

Karburator : UMA 34 mm

CB Magap : 082231856788

Pelek: TK 3,5x17 & handmade 8x17

Ban: Dunlop 120/70-17 & 200/50-17

Knalpot: Werkes

Teromol: Tiger Custom & Vario

Cakram depan: PSM

Kulit Jok: MBTech

Upside down: aftermarket

Setang: Suzuki GSX-R1000

Master rem: Yamaha YZF-R1

Spidometer: Koso DB02R

Lampu depan: projektor Ultimate

Sokbeker: KYB Byson

Swing arm: handmade

Rangka: Honda GL custom

Oil cooler: Suzuki Satria F150

Cylinder Head: Honda Supra Fit

Karburator: Yamaha Scorpio

Koil: Blue Thunder

CDI: Suzuki Satria F150

Post a Comment



Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.